Ribuan Ikan Klenger di Sungai Cimatuk Parung Panjang, Ini Penyebabnya

jagasira
0
Warga menangkap ikan di Parungpanjang (dok.Metropolitan.id)
PARUNG PANJANG-RADAR BOGOR,Ribuan ikan yang ada di aliran Sungai Cimatuk, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor mati mendadak. Warga setempat, Sunandar mengatakan, ikan yang mati akibat air sungai yang keruh dan berbau. “Itu banyak ikan yang mabuk dan mati gara-gara air sungainya keruh agak bau,” kata Sunandar, Senin (13/8/2018).

Berbagai jenis ikan mati di antaranya cere, ikan mas, dan ikan tawar lainnya. Warga yang mengetahui hal tersebut langsung terjun ke sungai. Dalam kurun waktu satu jam, warga dapat mengumpulkan 1-2 kilogram. Warga menduga kematian ikan-ikan tersebut dampak dari limbah pabrik batik yang sengaja dibuang ke aliran Sungai Cimatuk. Hal ini diungkap Ketua RT setempat, Ujang.

 “Di hulu setelah pabrik tidak ada ikan yang mati. Kami cek memang ada pembuangan air dari pabrik ke sungai,” kata Ujang.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kabupaten Bogor, Dadang Yazid, saat dikonfirmasi membenarkan telah mendapat laporan dari warga Parung Panjang terkiat adanya ikan mati yang diduga akibat buangan limbah pabrik batik. (mtr/ysp)


sumber : http://www.radarbogor.id
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)