Pemilihan Ketua RW. 008 Perumnas Bumi Parung Panjang Sektor 2 Rasa Pilkada

jagasira
0

Penghitungan Suara

JAGASIRA.
 29 Nopember 2020. Beragam cara dilakukan masyarakat untuk mendidik tentang demokrasi. Salah satunya yang dilakukan warga RW 008 Perumahan Bumi Parung Panjang Sektor 2 Desa Parung Panjang Kabupaten Bogor,  pemilihan langsung Ketua RW layaknya Pemilihan Kepala Daerah. 

Ketua Panitia pemilihan Endang, K menyampaikan, pemilihan Ketua RW ini untuk membangun iklim demokrasi yang sehat di lingkungan Perumahan Bumi Parung Panjang Sektor 2. Terdapat lima calon yang mewakili masing-masing RT. Mereka kemudian menyerahkan visi misi secara tertulis.

Endang selaku ketua panitia pemilihan ketua RW mengatakan bahwa pemilihan dilakukan untuk peremajaan kepengurusan. Sebanyak 5 calon mengajukan diri untuk menjadi ketua RW. 

”Pemilihan Ketua RW. 008 kita kemas pemilihan ini se-detail mungkin seperti pilpres dan pilkada,” terang Endang katanya.

Endang juga menjelaskan prosedur pelaksanaan pemilihan yakni salah satunya setiap RT mencalonkan maksimal 2 calon Ketua RW dan pemilih hak suara setiap satu RT hanya memiliki 20 hak suara.   

Pelaksanaan sudah dimulai pukul 08.00 sampai 12.00. Namun antusias warga untuk memilih sangat tinggi. Baru pukul 10.00 sudah 90 persen warga yang menggunakan hak pilih dari 80 pemilih. Setelah pukul 11.00 langsung dilakukan penghitungan suara. 

Dari 5 Calon Ketua RW.008 dari 4 RT, terpilih dengan suara terbanyak yaitu calon dengan nomor urut 3 Bp. Maulana Malik dengan jumlah suata 24 suara. Selamat buat Bp. Maulana.

”Kebetulan masa jabatan Ketua RW kami habis. Terus kami komunikasikan dengan para RT dan Kepala Desa menyarankan supaya secepatnya menggelar pemilihan langsung ini,” bebernya.

Antusiasme tampak terlihat di lokasi pemungutan suara. Warga yang datang, dihimbau panitia untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19). 

Di lokasi pemungutan juga tampak terlihat warga menggunakan masker. Saat memberikan hak suara, pemilih diminta untuk dideteksi suhu dengan menggunakan thermometer tembak dan memcuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Bilik dan kotak suara juga ikut dibersihkan agar benar-benar dapat terhindar dari Covid-19.

"Karena masih masa pandemi Covid-19. Maka kita selalu menghimbau agar menggunakan masker ketika memilih. Kita minta pemilih yang memberikan hak suaranya untuk mematuhi protokol kesehatan. Guna mensukseskan pemilihan RW dengan tidak menciptakan cluster baru akibat dari gelaran ini," ucapnya. (jagasira)
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)